Sabtu, 05 April 2008

DKP Sulut Terus Berdayakan Masyarakat Pesisir


Sumber : http://www.suaramanado.com/view_berita.php?id=533

Revitalitasi perikanan dan kelautan perlu adanya keterlibatan masyarakat pesisir. Mampukah DKP Sulut menyulut keberhasilan program gubernur Sarundajang?


[Suara Manado - 13/11]
TERNYATA napas revitalisasi Perikanan dan Kelautan yang dicanangkan gubernur propinsi SUlut, Drs Sinyo Harry Sarundajang belum putus di tengah jalan.

Instansi teknis perikanan dan kelautan, yakni Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) propinsi Sulut ternyata hingga kini masih gencar menyukseskan rencana gubernur pertama pilihan warga Sulut ini.

Terkait program itulah, sehingga DKP Sulut terus menjabarkan semangat revitalisasi Perikanan dan Kelautan yang dikemas khusus di dua bidang, masing-masing, Budidaya dan Penangkapan saja.

Penjabaran program tersebut, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Ir Xandramaya Lalu, melalui juru bicara Johnny Tampanguma mengatakan, DKP Sulut tak mau jadi pemain tunggal dalam revitalisasi.

"Menyukseskan revitalisasi khususnya di dua bidang yang digalakan itu, DKP Sulut harus melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir, atau masyarakat terkait perikanan dan kelautan guna suksesnya revitalisasi," ungkap Johnny Tampanguma, Selasa (13/11), di ruang kerjanya.

Kata Tampanguma, suksesnya revitalisasi perikanan dan kelautan harus pula diikuti keberhasilan masyarakat pesisir. Dan pengembangan budidaya yang lagi gencar digalakan kini; antara lain, rumput laut, lobster laut dan air tawar, kakap serta kerapu.

Sementara bidang Tangkap yang lagi dimediasi DKP Sulut, kata Tampanguma, meliputi, pengadaan perahu, pancing, motorisasi, dan sebagainya, yang tujuannya tak lain untuk memberdayakan masyarakat itu sendiri.

Membidangi masalah Kelautan di DKP propinsi Sulut, Tampanguma menambahkan, pihaknya hingga kini terus melakukan koordinasi dengan DKP-DKP Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Upaya tersebut, kata dia, merupakan rentetan dari rencana kerja DKP Sulut untuk mengsukseskan niat baik gubenur Sarundajang guna suksesnya revitalisasi perikanan dan kelautan.

Meski begitu, Tampanguma tak menutup-nutupi soal hambatan-hambatan yang dihadapi dilapangan sepanjang tugas. Namun, keseriusan dan keuletan dalam menjalankan tugas, kelak membuahkan hasil yang baik, pungkasnya.* [Laporan: Vanny S Loupatty]

Tidak ada komentar: